Kreativitas guru dalam melakukan transfer ilmu kepada para peserta didik perlu dikreasi sedemikian rupa sehingga diharapkan para siswa bukan hanya dijadikan sebagai objek penerima ilmu namun bisa dioptimalisasi sebagai subjek yang mengkontruksi ilmu itu sendiri. Para siswa perlu diberi kesempatan untuk mengkonstruksi ilmunya sehingga bisa menemukan (discovery) ilmu oleh sendirinys. Tinggal bagaimana guru mengkreat rencana pembelajaran (RPP/Lesson Plan) yang inovatif yang melibatkan siswa belajar active learning. Lewat pembelajaran yang menerapkan Contekstual Teaching & Learning (CTL) guru bisa melakukan pendekatan-pendekatan kegiatan yang mereka saksikan dalam kehidupan sehari-hari berupa mengajak, menggiring aktivitas kegiatan sehari-harinya dibawah ke dalam dunia keilmuan fisika khususnya pembelajaran " Gerak Parabola".
| Baca Juga : Lagu Gerak Parabola, Produk Digital Hasil Karya Siswa SMART
Vidio di bawah adalah salah satu kreativitas guru fisika di SMART, Ibu Uci Febria dalam melibatkan siswa untuk menerapkan kegiatan seharinya dalam pembelajaran ferak parabola. dengan segala keterbatasan yang ada para siswa mengkreat membuat produk pembelajaran berbasis digital yang diupload ke Youtube, yang kemudian bisa diakses bersama-sama oleh guru dan siswa yang lain.
Lewat transformasi digital yang diprogramkan sekolah SMART siswa dapat mencipta sebuah produk pembelajaran digital yang cukup kreatif untuk selevel usia pendidikan mereka. Meskipun sederhana tetapi semangat mengkontruksi ilmu lewat pembelajaran berbasis project sebenarnya itu tidak sulit untuk diciptakan. Membangun pembelajaran yang inovatif, siswa-siswa lewat pendampingan guru sudah memulai pembelajaran yang berbasis digital. Dengan menggunakan HP yang tidak terlalu mahal, para siswa membuat produk pembelajaran digital "gerak parabola". Berikut adalah produk digital yg dibuat siswa-siswa SMART, melalui proyek Fisika kelas 4 IPA(kelas 11 SMA) tentang gerak parabola. Pada proyek ini, siswa kelas 4IPA mendapatkan tantangan dari gurunya, Ibu Uci Febria, untuk membuat video pembelajaran mengenai gerak parabola.
Berikut Link Video yang dibuat anak-anak. SMART yang terdiri dari 7 Video yang berhubungan dengan pelajaran fisika gerak parabola. Para pembaca bisa memberikan masukan terkait produk pembelajaran yang dibuat para siswa tersebut 🙏🏻
1. Drama Gerak Parabola
Tiga peserta didik kelas 11 SMA membuat drama terkait gerak para bola, mereka merancang skenario drama gerak para bola bersama-sama, kemudian mereka skenario tersebut mereka wujudkan dan direcord dalam bentuk produk digital. Skenario yang mereka buatt dirancang sedemikian rupa sehingga drama yang dibuat berhubungan dengan pembelajaran " gerak parabola ". Klik disini untuk melihat drama yang ditampilkan ketiga peserta didik kelas 11 SMA SMART.
Drama gerak parabola dibuat oleh Aldo, Didi, Fadly kelas 4 SMART
Tidak ada komentar:
Posting Komentar